Waspadai Jika anda Sering Buang Air Kecil

Waspadai Jika anda Sering Buang Air Kecil

Jika kita buang air kecil antara 4-8 kali atau secara volume ada di kisaran 1-1,8 liter, maka itu termasuk masih normal. Namun jika lebih dari itu baik intensitasnya maupun volumenya, maka perlu anda waspadai karena bisa jadi itu adalah indikasi ada masalah kesehatan dalam tubuh anda. Khususnya jika terjadi pada malam hari, maka anda termasuk mengalami kondisi nokturia.

Nokturia adalah kondisi buang air kecil yang terus menerus atau sering pada malam hari dikarenakan gaya hidup atau kondisi medis. Karena normalnya pada malam hari, tubuh hanya memproduksi sedikit urine di mana urine tersebut lebih pekat, sehingga anda tidak akan buang air kecil pada saat malam hari.

Berikut kami ulas beberapa kemungkinan adanya gangguan kesehatan jika anda sering buang air kecil, khususnya pada malam hari.

6 Bahaya jika anda sering buang air kecil.

Sleep Apnea

Adalah kondisi gangguan tidur di mana biasanya mengalami masalah pada pernapasan. Hasil sebuah studi mengatakan bahwa sekitar 50% penderita sleep apnea akan mengalami sering buang air kecil khususnya pada malam hari. Hal ini dikarenakan ketika penderita mencoba bernapas pada kondisi saluran pernapasan yang agak tersumbat, maka otot jantung akan merenggang. Hormon atrial natriuretic peptide akan terbentuk, sehingga produksi urine akan meningkat.

Infeksi Saluran Kemih

Jika anda sering buang air kecil yang diiringi dengan gejala seperti rasa nyeri pada perut bagian bawah atau rasa tidak nyaman serta demam, maka ada indikasi anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau kuman.

Batu Ginjal

Ketika urin terkonsentrasi, dalam jangka waktu lama akan terjadi endapan yang membentuk partikel seperti batu. Ukurannya sangat bervariasi tergantung banyak sedikitnya endapan. Jika batu-batu ini terbentuk pada ginjal, maka secara medis dinamakan penyakit batu ginjal. Penyakit ini salah satu gejalanya adalah intensitas buang air kecil yang sangat sering namun secara volume sedikit. Hal ini disebabkan adanya hambatan pada saluran kencing dikarenakan adanya endapan batu tersebut.

Diabetes

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa jika anda sering buang air kecil apalagi pada malam hari, maka itu adalah salah satu gejala penyakit diabetes. Hal ini di karenakan tubuh akan merespon kelebihan gula yang ada dalam darah dengan cara dibuang melalui urine. Sehingga wajar anda akan sering merasakan ingin buang air kecll.

Gangguan Prostat

Pembesaran yang terjadi pada prostat akan menekan saluran kemih sehingga aliran urine akan terhambat. Hal ini menyebabkan dinding kandung kemih mengalami iritasi, sehingga akan mudah berkontraksi walaupun hanya ada sedikit urine. Hal tersebut menyebabkan rasa ingin buang air kecil terus muncul.

Overactive Bladder

Adalah kondisi kandung kemih yang lebih aktif dibandingkan dengan kondisi normal. Otot kandung kemih akan lebih sering berkontraksi, sehingga akan menimbulkan rasa ingin buang air kecil yang sering.

Namun intensitas buang air kecil yang sering tidak selalu merupakan gejala atau indikasi adanya suatu penyakit yang perlu anda khawatirkan. Sebab-sebab seperti kebanyakan minum air dan suhu udara yang dingin juga bisa menstimulus anda untuk ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah sering buang air kecil, bisa bermacam-macam tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya adalah diabetes, maka diet gula dalam pola makan serta olahraga yang teratur bisa menjadi solusi. Jika masalahnya karena infeksi, maka tenaga medis akan menyarankan pemberian antibiotic. Dan jika masalahnya ada pada overactive badder, maka bisa dilakukan senan kegel atau melatih otot kandung kemih agar tidak mudah berkontraksi.

Published8 November 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode