Sudahkah Makanan anda Mengandung Kalium

Makanan Mengandung Kalium

Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu mineral penting yang ada di dalam tubuh manusia adalah kalium. Kalium atau biasa disebut dengan potassium adalah mineral yang berfungsi sebagai elektrolit tubuh. Sebagaimana tugas elektrolit, kalium menjaga keseimbangan cairan sekaligus menjaga tekanan darah.

Orang yang kekurangan kalium di dalam tubuhnya biasanya dapat dilihat dari gejala-gejala yang menyertainya. Parah tidaknya gejala tergantung pada sedikit banyaknya kadar kalium di dalam tubuh orang tersebut. Rentang normal kadar kalium pada tubuh manusia adalah 3,5 sampai 5 mEq/L. Jika seseorang mengalami kekurangan kalium, dalam istilah medis orang tersebut mengalami hipokalemia. Suatu keadaan di mana kadar kalium berada di bawah batas normal atau di bawah 3,5 mEq/L.

Kekurangan kalium tidak dapat diremehkan begitu saja. Sebab, kekurangan kalium parah dengan hasil kurang dari 2,5 mEq/L, dapat menyebabkan kerusakan parah pada tubuh hingga mengakibatan kematian. Oleh sebab itu, kehadiran kalium di dalam tubuh sangatlah penting. Bagaimana cara mengetahui bahwa tubuh sedang kekurangan kalium?

Setidaknya, ada beberapa gejala yang timbul saat tubuh kekurangan kalium, seperti:

  • Kram pada otot
  • Mengalami sakit pada perut
  • Sembelit atau konstipasi
  • Mual hingga muntah
  • Mengalami palpitasi jantung (detak jantung tidak seperti biasanya, bisa lambat atau lebih cepat)
  • Intensitas buang air kecil meningkat dan sering merasa haus
  • Mengalami kesemutan hingga mati rasa

Agar tubuh mendapatkan kalium dalam jumlah yang cukup, disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung kalium. Sebab, kalium tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Kalium hanya bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sumber makanan yang mengandung kalium

  • Kacang-kacangan

Makanan yang termasuk ke dalam kategori kacang-kacangan mengandung sumber kalium yang tinggi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kacang-kacangan sangat dianjurkan. Salah satu contoh makanan yang mengandung kacang-kacangan adalah kacang merah.

  • Kentang

Selain sebagai sumber karbohidrat, kentang juga mengandung kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sebaiknya mengkonsumsi kentang beserta kulitnya. Sebelum memasak kentang, cuci terlebih dahulu kulit kentang hingga bersih, lalu olah menjadi masakan seperti biasanya.

  • Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini mengandung sumber kalium yang tinggi. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

  • Ubi

Ubi yang memiliki tekstur lembut dan rasanya manis ini tidak jauh berbeda dengan kentang yaitu sebagai sumber karbohidrat. Namun ubi juga mengandung kalium yang bagus untuk tubuh. Ubi bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional atau supermarket dengan harga yang terjangkau.

  • Pisang

Siapa yang tidak suka dengan pisang? Rasanya yang manis dan tektsurnya yang lembut membuatnya menjadi salah satu buah favorit semua orang. Tidak hanya bermanfaat untuk program diet, ternyata pisang juga mengandung kalium yang bagus untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Daging ikan

Bukan tanpa alasan pemerintah menggalakkan untuk mengkonsumsi ikan setiap hari. Pasalnya, daging ikan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh agar terjaga performanya. Salah satunya adalah karena kandungan kaliumnya.

Bagi orang yang mengalami hipokalemia berat dengan kadar kalium di bawah 2,5 mEq/L, diperlukan suplemen tambahan seperti Aspar-K. Selain itu didukung juga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun, untuk dapat mengkonsumsi suplemen kalium, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter telebih dahulu agar mendapatkan dosis yang tepat.

Published16 October 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode