Penyebab dan Mengatasi Ketiak Gatal

Penyebab dan Mengatasi Ketiak Gatal

imSehat.com – Pasti semua orang pernah mengalami gatal pada bagian tubuhnya. Salah satunya area yang sering mengalami gatal adalah ketiak. Meskipun rasa gatal pada ketiak akan menghilang dengan sendirinya, namun bagaimanapun hal ini dapat membuat tidak nyaman.

Ketiak adalah bagian tubuh yang memiliki tingkat kehangatan dan kelembapan paling tinggi di antara bagian tubuh lain. Pada ketiak juga terdapat kelenjar-kelenjar seperti kelenjar keringat dan kelenjar getah bening serta area ketiak ditumbuhi dengan rambut. Sebab itu, area ketiak lebih mudah terkena iritasi sehingga membuat ketiak gatal.

Penyebab Ketiak Gatal

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ketiak gatal, pada umumnya masalah ini berkaitan dengan kulit. Berikut adalah penyebab mengapa ketiak gatal yang penting untuk Anda ketahui.

1. Infeksi

Infeksi merupakan salah satu penyebab ketiak gatal yang paling umum. Ketiak yang terinfeksi biasanya disebabkan oleh bakteri maupun jamur Candida albicans. Selain itu, ketiak yang terinfeksi oleh bakteri dan jamur juga dapat membuat ruam ataupun kurap.

Ketiak gatal yang diakibatkan oleh infeksi, pada umumnya ini berkaitan dengan gaya hidup anda yang kurang menjaga kebersihan tubuh, terutama bagian ketiak. Penggunaan pakaian ketat dan berada di tempat yang panas juga dapat membuat bakteri dan jamur berkembang sehingga membuat area ketiak merasa gatal.

Jadi, pastikan anda untuk selalu menjaga kebersihan tubuh, khususnya area ketiak Anda dan rutin mencukur bulu rambut pada ketiak.

2. Cara Mencukur Ketiak yang Salah

Mencukur bulu ketiak adalah salah satu menjaga kebersihan ketiak. Namun demikian, mencukur bulu ketiak dengan cara yang salah dapat membuat ketiak tetap gatal.

Mencukur bulu ketiak tanpa menggunakan krim maupun shaving gel, dan terlalu sering mencukur menjadi kesalahan dalam mencukur bulu ketiak yang jarang disadari. Dan itu, justru dapat membuat ketiak mengalami iritasi dan menyebabkan gatal.

3. Penggunaan Deodoran

Untuk menjaga ketiak kering dan mencegah bau yang tidak sedap pada ketiak, biasanya orang akan menggunakan Deodoran sehingga membuat ketiak tetap kering dan harum.

Namun, anda harus tahu bahwa deodoran juga dapat menyebabkan ketiak menjadi gatal. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan kimia pada deodoran dapat membuat kulit ketiak menjadi iritasi bagi orang-orang yang memiliki kulis yang sensitif.

Maka dari itu, sebaiknya anda harus cermat dalam memilih produk deodorant dan akan lebih baik lagi jika anda meminta rekomendasi dokter mengenai jenis deodoran yang sesuai dengan kulit anda.

4. Hyperhidrosis

Hyperhidrosis adalah kondisi yang terjadi masalah pada kelenjar keringat. Sehingga mengakibatkan tubuh memproduksi keringat dalam jumlah yang berlebihan.

Tubuh yang mengeluarkan banyak keringat dapat membuat area tubuh ketiak, menjadi lembap dan mudah gatal karena iritasi.

5. Kanker

Ketiak yang gatal bisa menjadi salah satu pertanda awal dari penyakit berbahaya kanker limfoma dan kanker payudara, kedua jenis kanker ini ditandai dengan gatal dibagian ketiak.

Limfoma adalah kanker yang menyerang sel darah putih jenis limfosit, sedangkan kanker adalah salah satu kanker yang menyerang para wanita. Kedua penyakit kanker ini dapat dikenali dari kondisi gatal di ketiak sehingga anda perlu mewaspadainya.

Jika dalam waktu 7-10 hari ketiak gatal tak kunjung hilang dan sembuh, baiknya anda segera periksakan diri ke dokter guna memastikan kondisi.

Jangan terlalu panik sebab gatal di ketiak akibat kanker adalah hal yang kompleks sehingga tidak usah langsung berasumsi demikian sebelum memeriksakan diri.

Mengatasi Ketiak Gatal

Untuk mengatasi ketiak gatal anda harus menyesuaikan dengan penyebab ketiak menjadi gatal. Ada beberapa cara mengatasinya yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan gatal di ketiak.

1. Menjaga Kebersihan

Gatal di ketiak pada umumnya sering terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur, sebab kedua hal ini bisa berkembang dengan baik apabila kulit ketiak tidak dijaga kebersihannya.

Maka dari itulah, pastikan anda selalu menjaga kebersihan tubuh ketiak dengan cara membersihkannya setiap mandi dan juga mencukur bulu ketiak secara rutin. Tentu pastikan anda melakukan dengan cara yang benar dan baik.

2. Salep Gatal

Cara mengatasi ketiak gatal yang kedua adalah dengan mengoleskan salep gatal pada ketiak. Anda dapat membeli salep gatal di apotek terdekat, berikut beberapa salep gatal yang bisa anda gunakan:

  • Salep antijamur
  • Calamine
  • Antihistamine
  • Pramoxine
  • Menthol

Ada baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau apoteker sebelum Anda mengimplentasikan cara mengatasi gatal di ketiak yang satu ini.

3. Berhenti Menggaruk

Hampir semua orang ketika gatal di ketiak, mereka selalu ingin menggaruknya untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Namun tindakan ini tidak baik dilakukan, terlebih lagi jika ketiak gatal disebabkan oleh penyakit kulit yang cukup serius.

Menggaruk justru membuat rasa gatal akan semakin parah dan pada akhirnya, Anda juga akan rasa perih yang diakibatkan oleh goresan yang dari garukan tersebut.

Untuk mengatasi ketiak gatal tanpa harus menggaruk, Anda bisa memanfaatkan beberapa cara dibawah ini:

  • Mengompres ketiak dengan kain yang diberikan air dingin selama beberapa saat sampai rasa gatal menghilang
  • Mandi menggunakan air hangat
  • Mengoleskan salep gatal untuk menghilangkan rasa gatal, yang sudah dijelaskan pada poin kedua.

4. Terapi Kanker

Apabila ketiak gatal disebabkan oleh lymphoma dan kanker payudara, maka cara untuk mengatasi ketiak gatal anda mengobati penyakit kanker itu melalui sejumlah terapi kanker seperti kemoterapi dan radioterapi.

Itu sebabnya penting bagi untuk memeriksakan diri ke dokter jika gatal pada ketiak tak kunjung hilang dan mereda dalam jangka waktu 10 hari.

5. Bahan Alami

Banyak orang yang lebih suka menggunakan cara alami untuk mengatasi ketiak gatal. Salah satunya dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami misalnya saja:

  • Minyak esensial
  • Minyak kelapa

Penggunaan bahan-bahan alami ini masih belum sepenuhnya teruji secara klinis, alangkah baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan cara ini untuk mengatasi ketiak gatal.

6. Pergi ke Dokter

Untuk mendapatkan penyembuhan yang lebih tepat, pada akhirnya hanyalah dokter yang dapat mengerti harus bagaimana dengan masalah ketiak gatal yang anda alami tersebut. Jangan pernah ragu pergi ke dokter spesialis kulit guna untuk memeriksaan lebih lanjut, apabila cara-cara diatas tidak dapat mengatasi ketiak yang gatal.

Published10 September 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode