10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

imSehat.com – Buah apel adalah salah satu buah yang paling digemari oleh banyak orang dan berdasarkan penelitian buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut 10 manfaat mengonsumsi buah apel bagi kesehatan anda.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

1. Apel Bergizi

Sebuah apel berukuran sedang dengan diameter 7.6 cm setara dengan 1.5 segelas buah. Satu buah apel dengan berat 182 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 95
  • Karbohidrat: 25 gram
  • Serat 4 gram
  • Vitamin C: 14% dari Reference Daily Intake
  • Kalium: 6% dari Reference Daily Intake
  • Vitamin K: 5% dari Reference Daily Intake

Selain itu porsi yang sama mengandung 2-4% dari RDI untuk vitamin A, E, B1, B2, dan B6. Apel juga kaya akan sumber polifenol yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Apel Dapat Menurunkan Berat Badan dengan Baik

Buah apel kaya dengan kandungan serat dan air sehingga mengonsumsi buah apel dapat membuat perut anda cepat kenyang. Menurut penelitian orang yang makan irisan apel sebelum makan akan merasa lebih kenyang daripada mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau selain produk apel.

Orang yang makan apel dalam 10 minggu, berat badan mereka akan menurun rata-rata 1 kg dan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan dibandingkan orang yang mengonsumsi kue gandum dan kandungan serat yang sama. Para peneliti berpikir bahwa buah apel lebih mengenyangkan karena kurang padat energi, namun menghasilkan serat dan volume.

3. Apel Sangat Baik untuk Jantung

Mengonsumsi buah apel dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Sebab apel mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan juga mengandung polifenol sebagai antioksidan.

Studi mengatakan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar seperti apel dan pir dapat mengurangi resiko stroke. Setiap konsumsi 25 gram dari apel bisa membuat risiko stroke berkurang 9%.

4. Risiko Diabetes yang Lebih Rendah

Dalam sebuah penelitian mengatakan apabila memakan apel setiap hari mengurangi 28% risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah dibandingkan dengan tidak makan buah apel apapun. Bahkan jika hanya memakan beberapa apel per-minggu juga memiliki perlindungan yang sama.

Polifenol dalam buah apel dapat membantu mencegah kerusakan jaringan sel beta di pankreas. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh dan sering rusak pada orang menderita diabetes tipe 2.

5. Baik untuk Usus

Buah apel mengandung prektin yang merupakan sejenis serat bertindak sebagai prebiotik. Hal ini sangat baik sebab memberi makan bakteri baik yang terdapat pada usus anda.

Usus kecil tidak menyerap serat selama pencernaan. Sebaliknya, ia pergi ke usus besar sehingga dapat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik. Ini juga dapat berubah menjadi senyawa bermanfaat lainnya yang bersirkulasi kembali melalui tubuh anda.

6. Apel dapat Mencegah Kanker

Studi menunjukkan bahwa hubungan antara senyawa tanaman dalam apel dan risiko kanker lebih rendah. Selain itu, terdapat satu studi pada wanita melaporkan bahwa makan buah apel dikaitkan dengan tingkat kematian yang disebabkan oleh kanker lebih rendah.

Para ilmuwan percaya bahwa kandungan antioksidan dan anti-inflamasi buah apel dapat mencegah pontensial terkena kanker.

7. Apel dapat Membantu Mengobati  Asma

Apel kaya dengan antioksidan yang dapat melindungi paru-paru anda dari kerusakan oksidatif.

Sebuah studi besar lebih dari 68.000 wanita, bahwa mereka yang mengonsumsi buah apel paling banyak memiliki resiko asma terendah. Memakan 15% dari apel besar per hari dikaitkan dengan resiko 10% lebih rendah dari kondisi ini.

Kulit pada buah apel memiliki kandungan flavonoid quercetin, yang mana dapat membantu untuk mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

8. Apel Baik untuk Kesehatan Tulang

Memakan buah apel dapat membuat kepadatan tulang lebih tinggi, yang merupakan tanda kesehatan tulang. Para peneliti percaya apabila antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam buah apel tersebut dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

9. Melancarkan buang air besar

Apel kaya serat dan antioksidan, mengonsumsi apel dengan kulitnya dapat membantu melancarkan buang air besar. Selain itu, pada buah apel terdapat kandungan pektin yang dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan pada tubuh.

10. Mengurangi Risiko Penyakit Batu Empedu

Batu empedu disebabkan penumpukan kolesterol yang berlebihan pada saluran empedu. Orang yang menderita penyakit batu empedu disarankan untuk melakukan diet rendah kolesterol dan memperbanyak mengonsumsi makanan berserat tinggi agar tubuh membaik.

Komsumsi buah apel secara rutin dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh penderita penyakit batu empedu, sebab buah apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan bagus untuk diet rendah kolesterol.

Published11 September 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode