Makanan Penyebab Jerawat di Wajah

Makanan Penyebab Jerawat

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit halus, bersih, dan bebas dari jerawat? Tentu saja kita semua menginginkannya. Banyak hal yang sering kita lakukan agar terhindar dari jerawat mulai dari cara yang instan hingga cara-cara tradisional. Meskipun demikian, mengapa jerawat masih saja sering muncul? Mungkin kamu termasuk salah satu yang mengalaminya.

Tahukah kamu bahwa jerawat timbul dikarenakan oleh banyak hal, seperti faktor hormonal, sumbatan kotoran pada kulit, dan makanan. Ya, makanan adalah penyebab timbulnya jerawat yang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, beberapa makanan dapat memicu timbulnya jerawat lho! Jadi jangan salah apabila kamu sudah rutin merawat kulit tapi jerawat masih saja muncul.

Beberapa makanan dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh manusia. Jika kadar insulin meningkat, tubuh juga akan memproduksi minyak yang lebih banyak dari biasanya. Banyaknya kadar minyak di kulit inilah yang jika bercampur dengan debu dan menyumbat kulit, dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.

Lalu, makanan apa saja yang dapat memicu timbulnya jerawat?

Makanan yang Mengandung Minyak

Bukanlah sebuah mitos jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi minyak dapat memicu timbulnya jerawat di kulit. Contoh makanan yang mengandung minyak berlebih salah satunya adalah makanan cepat saji. Selain itu, mengkonsumsi gorengan dalam jumlah berlebih juga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, mulai sekarang kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak minyak.

Produk Turunan Susu

Meskipun produk turunan susu seperti keju dan yoghurt dapat menyebabkan tubuh menjadi sehat, mengkonsumsinya secara berlebihan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Karena produk yang mengandung susu dapat merangsang produksi minyak di dalam tubuh sehingga kamu akan rentan terkena jerawat.

Makanan yang Mengandung Indeks Glikemik

Siapa yang tidak suka dengan keripik kentang? Rasanya yang gurih, renyah dan dengan aneka pilihan rasa, rasanya tidak akan sanggup untuk menolak memakannya. Eits, tapi kamu perlu waspada jika mengkonsumsi keripik kentang. Pasalnya, keripik kentang mengandung indeks glikemik yang tinggi sehingga dapat memicu meningkatnya kadar insulin dan glukosa di dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng juga mengandung indeks glikemik tinggi. Jika kamu ingin terhindar dari jerawat, kurangi makanan-makanan tersebut mulai dari sekarang.

Selain menghindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, lakukan juga beberapa hal di bawah ini!

  1. Hindari menggunakan scrub. Scrub memang baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Akan tetapi, jika kamu sedang berjerawat, sebaiknya hindari penggunaan scrub. Karena scrub akan memberikan gesekan pada kulit yang berjerawat dan membuatnya semakin parah.
  2. Jangan memencet jerawat. Jerawat memang membuat kita menjadi gemas dan ingin memencetnya agar segera pecah dan menghilang dari wajah. Akan tetapi cara tersebut sangatlah tidak dianjurkan. Sebab, memencet jerawat hanya akan menimbulkan bekas pada kulit yang akan lebih susah untuk menghilangkannya.
  3. Bijak memilih kosmetik. Tidak semua kosmetik bagus untuk kulit. Faktanya, kosmetik menjadi penyebab tersering timbulnya jerawat. Agar kamu terhindar dari jerawat, pilihlah kosmetik dengan label “non-comedogenic”. Kosmetik yang terdapat label tersebut, tidak akan menyumbat pori-pori kulit sehingga tidak menimbulkan jerawat.
  4. Hindari menyentuh kulit wajah. Terkadang, seringkali kita mengusap wajah dengan telapak tangan. Padahal, mengusap wajah saat telapak tangan kotor dapat menyebabkan timbulnya jerawat lho! Pastikan terlebih dahulu tangan kamu bersih saat menyentuh kulit wajah.
Published18 October 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode