Cara tidak Menghirup Polusi Udara Berlebihan

Cara tidak Menghirup Polusi Udara Berlebihan

Era modern membawa banyak dampak positif bagi kehidupan manusia. Akan tetapi, di sisi lain ada permasalahan yang semakin hari semakin menjadi serius, yaitu polusi udara. Banyak berdirinya industri, kendaraan, dan kegiatan rumah tangga yang menghasilkan polutan, membuat kualitas udara kian memburuk.

Menurut data WHO, 9 dari 10 orang menghirup polusi udara. Dan sebanyak 7 milliar orang meninggal karena polusi udara tiap tahunnya. Polusi udara bukanlah permasalahan yang bisa disepelekan. Pasalnya, polusi udara berkontribusi terhadap 3 penyakit mematikan, yaitu stroke, kanker paru-paru, dan penyakit hati.

Polusi udara sendiri terbagi menjadi 2 yaitu outdoor pollution dan indoor pollution. Outdoor pollution adalah polusi udara yang diakibatkan karena aktivitas di luar ruangan. Sedangkan indoor pollution sebaliknya. Banyak dari kita yang tidak sadar adanya indoor pollution. Padahal, indoor pollution juga memiliki efek yang sama dengan outdoor pollution. Indoor pollution dihasilkan dari kegiatan rumah tangga seperti memasak. Fakta membuktikan, 4 miliar orang mati karena indoor pollution tiap tahunnya.

Lalu bagaimana kriteria udara yang sehat? Menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), di udara terdapat PM10 atau partikulat yang ukurannya lebih kecil dari 10 mikron. Nilai Ambang Batas (NAB) partikulat di udara yang sehat adalah 150 mikrogram/m3. Jika lebih dari itu, maka udara di area tersebut dikategorikan sebagai udara yang tidak sehat.

5 Cara agar tidak menghirup polusi udara secara berlebihan.

Membatasi Berjalan di Jalan Saat Macet/Ramai Kendaraan

Seperti yang kita tahu, kendaraan bermotor menjadi salah satu penyebab polusi udara. Asap yang dihasilkan oleh kendaraan dari proses pembakaran bahan bakar, menghasilkan gas emisi yang mempengaruhi kualitas di udara. Saat macet, asap-asap dari kendaraan akan berakumulasi dan membuat kondisi udara semakin buruk. Oleh karena itu, saat situasi macet sebaiknya hindari berjalan di jalan raya. Lebih baik anda berjalan di kampung atau menunggu macet terurai.

Melakukan Aktivitas di Area Rendah Polusi

Mungkin anda merupakan salah satu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Lalu bagaimana caranya untuk terhindar dari polusi udara? Solusinya, lakukanlah aktivitas di area yang rendah polusi seperti di tempat yang jauh dari kendaraan, area yang rindang, atau area yang jauh dari hiruk pikuk aktivitas perkotaan. Meskipun kondisi udara di luar tidak baik untuk kesehatan, namun pasti ada area-area yang rendah polusi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Batasi Menghabiskan Waktu di Area Tertentu

Terdapat area yang memiliki kualitas udara yang buruk. Contohnya saja di dekat jalan raya atau di area  parkir. Jika tidak dalam keadaan yang mendesak, sebaiknya pilih tempat yang minim polusi.

Batasi Penggunaan Kendaraan

Kendaraan memang memudahkan pekerjaan manusia, akan tetapi kendaraan pulalah yang berkontribusi terhadap polusi udara. Untuk mengurangi polusi udara, anda dapat berjalan kaki atau menggunakan sepeda yang lebih ramah lingkungan. Namun, jika terpaksa anda dapat menggunaan kendaraan bermotor. Namun sebisa mungkin upayakan untuk menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Hindari Membakar Sesuatu

Selain kendaraan bermotor, membakar sesuatu hingga menimbulkan asap juga turut berkontribusi terhadap buruknya kualitas udara. Kegiatan membakar yang sampai sekarang masih banyak dilakukan adalah membakar sampah. Daripada membakar sampah, lebih baik memilah sampah sesuai dengan jenisnya agar dapat diolah sesuai dengan tepat.

Published1 November 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode