Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Menaikkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang. Permasalahan yang sering dikeluhkan tidak hanya ingin menurunkan berat badan saja. Tetapi banyak juga yang ingin menaikkan berat badan karena tubuh terlalu kurus atau susah untuk menambah berat timbangan. Segala upaya mungkin saja telah dilakukan tapi tidak membuahkan hasil.

Sebenarnya menambah berat badan tidaklah terlalu sulit seperti yang anda bayangkan jika anda mengetahui caranya yang benar. Sebab, saat ini banyak sekali produk yang mengklaim dapat menambah berat badan dalam waktu singkat. Namun anda harus berhati-hati terhadap produk yang bekerja secara instan. Lebih baik anda menggunakan cara yang lebih alami dan tentu yang menyehatkan untuk tubuh.

Untuk mengetahui tubuh anda termasuk ke dalam kategori normal atau tidak, anda harus mengeceknya menggunakan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). Cara menghitungnya cukup mudah, yaitu berat badan dibagi dengan tinggi badan yang telah dikuadratkan.

Perhitungan, IMT = Berat badan: (tinggi badan x tinggi badan)

IMT sendiri terbagi menjadi 4 kategori:

  1. Jika hasil IMT di bawah 18,5 maka anda termasuk ke dalam kategori kurang dari normal atau kurus
  2. Untuk IMT yang ideal berkisar antara 18,5 sampai 24,9
  3. Sedangkan apabila hasil IMT anda antara 25 hingga 29,9, maka anda termasuk ke dalam golongan orang yang bertubuh gemuk
  4. Selanjutnya, jika hasil IMT menunjukkan lebih dari atau sama dengan 30, anda termasuk ke dalam kategori obesitas. Dan IMT tubuh dengan hasil obesitas sangat berbahaya untuk tubuh anda. Sebab, berbagai permasalahan yang ada di dalam tubuh bisa saja terjadi seperti penyakit jantung karena terlalu banyaknya lemak di dalam tubuh.

Tips Menaikkan Berat Badan dengan Sehat

Menambah Frekuensi Makan

Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menambah frekuensi makan. Sedikit tapi sering lebih baik dibandingkan anda sekaligus makan dalam porsi yang besar. Jika biasanya frekuensi makan anda adalah 3 kali sehari, tingkatkan menjadi 5 sampai 6 kali sehari. Atau berikan jeda tiap 2 – 3 jam. Dan jangan mengkonsumsi apa pun di antara waktu makan agar anda merasakan lapar saat waktu makan tiba.

Memperbanyak Karbohidrat dan Protein

Agar berat badan dapat naik, komposisi nutrisi pada makanan harus diperhatikan. Terutama untuk asupan karbohidrat dan proteinnya. Sebaiknya, perbanyak asupan karbohidrat dan protein. Karena keduanya merupakan nutrisi penting untuk pembentukan massa otot pada tubuh. Ada banyak makanan yang mengandung sumber protein tinggi, seperti daging, kacang-kacangan, telur, hingga susu.

Makanan Kaya Rempah

Pernahkah anda tidak selera makan karena rasa makanan yang hambar? Nah, penambahan rempah-rempah pada masakan akan menambah citarasa pada makana sekaligus meningkatkan nafsu makan anda. Cobalah untuk menggunakan jahe, kunyit, atau kayu manis ke dalam masakan.

Camilan Bergizi

Camilan memang bisa membuat anda menjadi gemuk. Namun tidak sembarang camilan bisa anda konsumsi. Sebab, banyak camilan yang tidak sehat dan dapat membuat tubuh anda menjadi sarang berbagai penyakit. Konsumsilah camilan yang kaya akan gizi sehingga dapat membuat tubuh anda menjadi sehat dan mencapai berat badan yang ideal.

Beberapa camilan yang bisa anda pilih misalnya alpukat, roti bakar, buah, atau kacang-kacangan. Camilan-camilan tersebut mengandung nutrisi penting yang anda butuhkan untuk menaikkan berat badan. Jadi, kebutuhan nutrisi harian yang kurang terpenuhi dari makan utama dapat dilengkapi dari camilan tersebut.

Published28 October 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode