7 Manfaat Konsumsi Kuaci bagi Kesehatan

Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau kita biasanya menyebutnya kuaci adalah jajanan ringan yang sudah sejak dulu digemari baik anak-anak hingga orang-orang dewasa. Usaha yang cukup tinggi untuk bisa menikmati enaknya kuaci menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pecintanya. Namun usaha keras tersebut terbayar dengan banyaknya kandungan gizi yang sangat banyak manfaatnya untuk kita.

Kandungan gizi yang ada pada kuaci sangat banyak, 90% dari lemak yang ada pada kuaci adalah lemak yang baik. Lemak baik ini sangat bermanfaat secara umum untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah khususnya kolesterol jahat (LDL).  Disamping kandungan utamanya tersebut, kuaci juga kaya akan vitamin E, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B3 (Niasin), Vitamin B5 (Pantothenic), magnesium, mangan, tembaga, selenium, fosfor, dan asam folat. Kesemuanya ditemukan dalam biji bunga matahari dalam jumlah yang cukup banyak.

7 Manfaat kuaci bagi kesehatan

1. Mencegah kanker

Meskipun berukuran kecil, kuaci memiliki manfaat yang sangat besar salah satunya dapat mencegah kanker. Selenium yang terdapat pada kuaci terbukti berfungsi membantu meningkatkan perbaikan sel DNA, sehingga dapat sekaligus mencegah rusaknya sel karena radikal bebas. Kandungan vitamin E adalah jenis anti oksidan larut. Sehingga dapat dengan cepat beredar ke seluruh tubuh anda dan menetralkan radikal bebas yang muncul.

2. Baik untuk kulit

Kulit mulus dan bebas dari masalah kulit adalah dambaan semua orang khususnya kaum wanita. Rajin mengkonsumsi biji bunga matahari bisa menjadi solusi bagi masalah kulit anda. Kandungan asam esensial yang cukup banyak dapat mendorong pembentukan kolagen dan elastin. Kedua komponen ini ditambah vitamin E membantu menjadikan kulit halus dan kenyal.  

3. Obat stres

Kandungan magnesium yang ada pada kuaci dipercaya sebagian kalangan berfungsi layaknya obat penenang. Anda dapat mencoba memakan kuaci ketika stress, kandungan dan sensasi dalam usaha untuk menikmatinya akan dapat membantu merilekskan pikiran.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Lebih dari 60% biji bunga matahari terdapat vitamin E. Vitamin ini memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang menempel pada pembuluh darah anda. Timbunan kolesterol jahat ini dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi kuaci, akan dapat menurunkan resiko tersebut. Selain itu, kombinasi antara vitamin E dan selenium juga sangat efektif menjaga kesehatan sistem peredaran darah anda.

5. Mood booster

Magnesium sulfat yang terpadat pada kuaci, sudah sejak lama digunakan sebagai terapi penurunan depresi pada pasien. Magnesium sulfat kini memiliki peran yang sangat penting untuk pengobatan terapi kesehatan mental.

6. Menguatkan tulang

Biji bunga matahari juga mengandung magnesium dan kalsium. Dua zat gizi ini sangat penting bagi tubuh khususnya kesehatan tulang. Keduanya berfungsi layaknya minyak pada sendi-sendi, sehingga anda akan terhindar dari masalah nyeri persendian. Selain itu, kandungan vitamin E juga sangat baik untuk mencegah penyakit rematik.

7. Kaya akan asam folat

Asam folat sangat penting bagi pembentukan sel-sel baru di tubuh khususnya dalam membentuk DNA dan RNA. Kombinasi folat dan vitamin B12 membantu membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Dengan stabilnya sel darah merah sesuai dengan batas normal, maka anda akan terhindar masalah kesehatan seperti anemia.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual jajanan ringan biji bunga matahari. Cara mengkonsumsinya bisa langsung dimakan. Rasanya gurih karena mengandung cukup banyak lemak. Atau bisa juga menjadi bahan tambahan pada makanan seperti sup, bubur, atau salad.

Published5 November 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2019 © Copyright imSehat. All rights reserved
iMagazine Theme design by Maskode